Mahasiswa Teknik Perkapalan Meraih Juara Pertama Pemilihan Mahasiswa Berprestasi UNDIP 2020

Amanda Margareth mahasiswi Teknik Perkapalan angkatan 2017 berhasil meraih Juara 1 dalam penyelenggaraan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi UNDIP 2020.

Jumat, 12 Juni 2020 menjadi moment haru dan bangga bagi Jurusan S1 Teknik Perkapalan sebab saudari Amanda Margareth Mahasiswa Teknik Perkapalan Angkatan 2017 menjadi juara I Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Diponegoro yang diumumkan oleh panitia BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) UNDIP yang diketuai oleh Bapak Susatyo Nugroho Widyo Pramono, ST., MM secara daring dan live streaming melalui channel yuotube UNDIP TV pada pukul 15.00 WIB.

Perjuangan Amanda Margareth Tidaklah mudah, melaui proses yang panjang, dimulai sejak tahun 2018 Amanda sudah menjajaki berbagai prestasi yang membanggakan untuk Fakultas Teknik khususnya Teknik Perkapalan, misalnya dalam ajang Lomba 3rd WORLD YOUNG INVENTOR EXIBITION pada bulan Mei 2019 di Kuala Lumpur Malaysia dengan memperoleh Gold Medal, Dan pernah Pula Menjadi Perwakilan Indonesia bersama TIM Ksatria Hydros UNDIP dalam ajang Kompetisi Hydrocontest yang di selenggarakan di Saint-Tropez Perancis pada bulan Agustus 2018, dan aktif pula dalam kegiatan Organisasi Kampus dengan ditunjuk sebagai Juri dalam ajang kompetisi Debat Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Teknik. Dalam bidang karya tulis Amanda pernah menjadi pembicara (presenter) dalam International Seminar on Advances in Metallurgy and Materials (i-SENAMM) yang di selenggarakan oleh trisakti pada bulan desember 2019.

Berdasarkan banyaknya prestasi yang diraih oleh Amanda di Teknik Perkapalan, pada tahun 2019 Amanda diusulkan menjadi Pilmapres Pemetaan untuk Tahun 2019 dan menjadi perwakilan Fakultas Teknik di Universitas dan saat itu menjadi salah satu juara dari 4 mahasiswa berprestasi untuk pemetaan di tahun 2019 yang akan di lombakan kembali dengan juara Mawasiswa Berprestasi perwakilan tiap Fakultas yang ada di Universitas Diponegoro yang terdiri dari 11 Fakultas pada Tahun ini, sehingga pada tahun ini Fakultas Teknik mengusulkan 2 perwakilanya, salah satunya adalah Vinsensius Hans Prasetya dari jurusan Teknik Elektro angkatan 2017. sehingga sebanyak 15 mahasiwa yang akan berkompetsi di tingkat Universitas.

pada tanggal 8 s/d 9 Juni 2020 panitia Pilmares Undip melakukan seleksi penilaian on desk terhadap kemampuan bahasa Inggris, kegiatan kemahasiswaan yang diunggulkan, gagasan kreatif dan test wawasan kebangsaan terhadap 15 orang peserta Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tersebut, dan juri memutuskan daftar nama-nama Mahasiswa Berprestasi yang lolos seleksi ke dalam tahap presentasi Gagasan Tertulis sebagai berikut (urut sesuai abjad) :

  1. Amanda Margareth (FT)
  2. Dedy Agoes Mahendra (FK)
  3. Luh Ayu Nanamy K.E.S (FK)
  4. Maerel Dhalia Arumnisa (FISIP)
  5. Resty Sutrainy Ayu (FH)
  6. Rizky Devy Wulandari (FIB)
  7. Sofyan Atsari (FPIK)
  8. Vinsensius Hans Prasetya (FT)

Setelah dinyatakan lolos untuk seleksi Tahap akhir selanjutnya adalah tahap pemaparan Gagasan Tertulis. Amanda mengusulkan gagasanya dalam Pengembangan Industri Galangan Kapal sesuai dengan bidang ke-Ilmuan yang dimiliki yaitu dengan judul “The Aplication of Green Performance Framework As An Effort to Accomplish the green shipyard concept in Indonesia”. Amanda menampilkan cara presentasi dengan bagus dan lancar dalam menggunakan bahasa inggris walau dengan media daring Microsoft Teams namun dapat memukau dewan juri dalam presentasinya tersebut.

Amanda Sedang presentasi Gagasan di hadapan Juri
judul gagasan yang diusung oleh Amanda

puncak ajang pemilihan Mahasiswa Berprestasi adalah pada hari ini Jumat 12 Juni 2020 pengumuman pemenang disampaikan oleh dewan juri dengan juara sebagai Berikut:

  1. Amanda Margareth (Fakultas Teknik)
  2. Resty Sutrainy Ayu (Fakultas Hukum)
  3. Dedy Agoes Mahendra (Fakultas Kedokteran)

Prestasi yang di raih Amanda sangat membanggakan tidak hanya oleh Departemen Teknik Perkapalan bahkan Fakultas Teknik tentunya, dan hal ini harus menjadi momentum dan penyemangat kepada seluruh mahasiswa Teknik khususnya Teknik Perkapalan untuk terus berkarya dan memberikan prestasi terbaik yang dapat membanggakan Fakultas Teknik dan Teknik Perkapalan.

Selamat kami ucapkan kepada Amanda Margareth teruslah semangat dan berjuang untuk bersaing di Tingkat Nasional. Kapal Kuat, Kapal Hebat, Kapal Jaya.

Share this :