Profil Profesional Mandiri

Profil Profesi Mandiri adalah deskripsi tentang karakter, sikap, pengetahuan dan ketrampilan lulusan yang diharapkan berkembang selama menempuh studinya dalam rangka membekali lulusan tersebut untuk studi lanjut atau pekerjaannya. Profil lulusan memberikan fondasi atribut tingkat kualifikasi lulusan.

Profil Profesi Mandiri Departemen Tenik Perkapalan adalah sebagai berikut.

  • Engineer, Mampu merancang dan membangun, mereparasi kapal dan bangunan laut serta mengevaluasinya berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa dengan mempertimbangkan standard code, rules, regulation, dan recommended practice.
  • Enterpreuneur, Mampu bekerja secara mandiri dan secara aktif dalam tim untuk pekerjaan pembangunan kapal, inspeksi, pemeliharaan, perbaikan di bidang perkapalan dan kelautan.
  • Manager, Mampu mengelola, memimpin, mengatur kegiatan di bidang perkapalan dan kelautan serta beradaptasi dalam lingkungan lintas budaya dengan mempertahankan kaidah-kaidah etika dan moral.
  • Academic/researcher, Mampu bersikap akademik, berpikir ilmiah dan memiliki kemauan belajar secara terus-menerus dalam bidang perkapalan dan kelautan serta bidang teknik secara umum.

Dalam penyusunan PPM tersebut, telah dipertimbangkan aspek sumber daya, misalnya sarana dan prasarana serta sumber daya manusia (tim), kepekaan dan pemahaman terhadap kebutuhan dan kepentingan lokal dan/ atau nasional. Sesuai dengan visi dan misi UNDIP, lulusan juga dapat melakukan penelitian dan inovasi dalam bidang rekayasa dengan tetap memperhatikan dampaknya dalam konteks lokal dan global, ekonomi, dan sosial.

Share this :